WELCOME

CORETAN SEORANG IKHWAN (KU MULAI DARI SEKARANG SEBELUM NASI MENJADI GORENG)LEBIH BAIK AKU TIDUR DAN BERMIMPI DARIPADA TERBANGUN MELIHAT KENYATAAN YANG SEPERTI INI
SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK LECEZ

Senin, 14 Mei 2012

MAKALAH SIMPANGAN RATA-RATA

video

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI                            ................................................................................................... 1
KATA PENGANTAR              ................................................................................................... 2

BAB I
PENDAHULUAN                   
1.1 LATAR BELAKANG        ................................................................................................... 3
1.2 TUJUAN PENULISAN      .................................................................................................. 3
1.3 RUMUSAN MASALAH    ................................................................................................... 3

BAB II
KAJIAN TEORI                     
2.1 HAL – HAL YANG PERLU DIKETAHUI DALAM STATISTIKA I    ....................................................  4

BAB III                                                                                                                      
PEMBAHASAN PENELITIAN                                                                                   
3.1 PEMBAHASAN PENELITIAN      ............................................................................................ 7

BAB IV                                                                                                                                  
PENYELESAIAN PENELITIAN                                                                                 
4.1 PENELITIAN        ............................................................................................................... 8     

BAB V                                                                                                                        
PENUTUP                                                                                                                   
5.1 KESIMPULA     ............................................................................................................ …10           
5.2 SARAN               ............................................................................................................... 10


KATA PENGANTAR

Segala puji syukur atas kehadirat  Allah.SWT, atas berkat rahmat serta hidayah-Nya kita masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas makalah lSTATISTIK

Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak FENDIK HERMAWAN ST yang selama ini telah membimbing Kami. Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung atas penyelesaian makalah ini, serta kepada semua pihak yang telah terlibat didalamnya.

Mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Saya menyadari bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan, maka dari itu kami mohon kritik dan saran demi kemajuan serta kesempurnaan untuk periode selanjutnya.

Mohon maaf atas segala kesalahan-kesalahan saya dalam makalah ini semoga kita selalu berada dijalan yang benar, amin.



Probolinggo, 12 Januari 2012


Penulisan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Setiap pribadi maupun masyarakat memerlukan pendataan yang harus dicatat dan diperthatikan bagi kelangsungan kehidupannya, baik dalam keluarga, sekolah,masyarakat, ataupun Negara.Dalam rangka mengisi dokumentasi negara sebgai penduduk di indonesia, tentu saja memerlukan kerja keras dan perjuangan untuk mengisi angket, yang semuanya harus bersentuhan dengan individu atau masyarakat maupun yang lebih luas lagi yaitu Negara dan pihak Internasional.Untuk semua itu memerlukan pendataaan dan dukungan dari semua pihak, sehingga memperoleh tanggapan yang serius dari masyarakat atau pihak tertentu yang menjadi tujuan dari pelaksanaan tersebut. Bentuk pendataan yang memiliki daya daya dukung tersebuat adalah pembuatan KTP, pencatatan nilai, mengisi rapot dan sebagainya.

1.2 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini antara lain : untuk memenuhi salah satu tugas kelompok mata kuliah STATISTIK I pada khususnya, serta untuk mengetahui data dalam bentuk tabel,membaca data dalam bentuk tabel dan agar dapat menghitung simpangan baku secara benar dan mudah memahaminya.

1.3 Rumusan Masalah
Makalah tentang STATISTIKA I ini mencakup beberapa permasalahan yaitu sebagai berikut :
1.      SIMPANGAN RATA-RATA
a.       Data yang tidak dikelompokkan
b.      Data yang dikelompokkan

BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 Simpangan rata-rata (Mean deviation)
Simpangan rata-rata merupakan ukuran variasi yang ke dua dan ukuran ini merupakan ukuran yg lebih baik daripada range.Apabila simpangan rata – rata ini disertakan pada ukuran pada nilai pusat (dalam hal ini mean),maka hal tersebut akan dapat menggambarkan suatu kumpulan data yg tepat,baik bagi nilai pusatnya maupun bagi variasi keseluruhan nilai yg ada dalam kumpulan data tersebut.
Para statistik  mencari ukuran lain yang di dasarkan pada seluruh nilai data dan dihitung terhadap nilai rata – ratanya . Ukuran ini didasarkan pada anggapan bahwa ukuran penyimpangan akan kecil apbila nilai data terkonsentrasi disekitar nilai pusatnya dan sebaliknya penyimpangan akan besar apabila nilai data tersebar jauh dari rata – ratanya.Simpangan rata – rata di bedakan atas dua kelompok.
a.       Data yang tidak dikelompokkan
Misalnya X1, X, 2,X 2,,,,,,,,,,,,,,, X n  masing-masing nilai data dari serangkaian hasil observasi. Apabila X͞ adalah nilai rata – rata dari data di atas simpangan dari nilai data X1, X, 2,X 2,,,,,,,,,,,,,,, X n  adalah
Simpangan =│Xi -͞͞ X │
Jadi besarnya  simpangan dari seluruh data terhadap nilai rata – ratanya adalah:
Jumlah simpangan = │X1 - X͞ │+ │X2 X͞ │+│X3 - X͞ │+….+│Xn - X͞ │ dan simpangan rata-ratanya adalah :1

Rs = simpangan keseluruhan nilai

Rs =


Di mana :
Rs= simpangan rata – rata data yang tidak dikelompokkan
N = jumlah keseluruhan data
I = nomor data
Xi = nilai data nomor i
  = mean keseluruhan nilai data
Supaya besar penyimpangan keseluruhan nilai data tidak nol, maka penyimpangan setiap nilai dari mean-nya harus diberikan tanda harga mutlak, hal tersebut biasa disimbolkan │….│.
b.Data yang dikelompokkan
Untuk data yang telah dikelompokkan ke dalam distribusi frekuensi maka dalam menghitung simpangan rata – ratanya pertama kali kita menganggap bahwa semua nilai data masing – masing kelas tersebar secara merata , sehingga nilai tengah kelas dianggap cukup mewakili semua data yang ada dalam kelas tersebut. Sebagai akibat dari anggapan itu maka jika mi adalah niali tengah kelas ke-i besarnya simpangan dari seluruh data dalam kelas-i adalah:
Rs=



Simpangan ke-i = fi │mi -X¯│sehingga besarnya simpangan rata-rata dari seluruh nilai data.
Dengan:
Rs= simpangan rata-rata
n  = banyaknya nilai data
k  = banyaknya kelas
fi  = frekuensi pada kelas-i
mi = nilai tengah kelas ke-i
X  = nilai rata-rata

BAB III

PEMBAHASAN

3.1 PEMBAHASAN PENELITIAN
®     Kesimpulan yang dapat kami ambil dari hasil penelitian tentang pendataan nilai ujian MI MEMBA’UL ULUM yang beralamat di  Tulupari kecamatan tiris kabupaten Probolinggo yaitu dari 50 siswa terdapat berbagai macam nilai ujian dengan nilai ujian terendah55 dan nilai ujian tertinggi 95.
®     Adapun hasil data yang sudah diteliti dapat di ketahui bahwa dari 50 siswa bisa di bagi menjadi 7 kelas dengan lebar kelas (interval) sebanyak 8. data ini bisa dilihat dalam tabel frekuensi yang sudah kami muat dalam bab IV.
®     Selanjutnya tabel simpangan baku bisa di buat dengan asumsi beberapa kolom/kelompok antara lain:
1.      Kelompok nilai yang berisi tentang nilai hasil ujian yang sudah terbagi 7 kelas dengan lebar kelas @ 8 nilai,dan di mulai dari nilai yang paling rendah sampai nilai yang paling besar.
2.      Kelompok frekuensi(f)yang berisi tentang jumlah banyaknya nilai yang sudah di sesuaikan dengan kolom nilai.
3.      Kolom median(m)yang berisi tentang nilai titik tengah pada kelas.
4.      Kolom selanjutnya yaitu kolom yang berisi tentang jumlah nilai perkolom antra Frekuensi(f) dengan Meian(m)
5.      Selanjutnya pembuatan kolom tentang hasil jumlah nilai median (m) yang di kurangi nilai rata-rata ( ), dengan asumsi nilai rata-rata ( ) di ambil dari tabel perkalian antara median (m)  dan frekuensi(f) yang di bagi dengan jumlah total frekuensi (f).
6.      Langkah selanjutnya pembuatan kolom (m- )2 yang berisi tentang jumlah nilai perkalian antara (m- ) x (m- )
7.      Kolom terakhir  yaitu kolom yang yang berisi tentang jumlah perkalian antara (m- )2 yang di kalikan dengan frekuensi (f),
®     Setelah selesai pembuatan Tabel Simpangan Baku seperti di atas maka bisa dicari nilai Simpangn Bakunya dengan cara mencara nilai uraian Terlebih dahulu yaitu dengan Cara
(m- )2 .f dengan asumsi nilai n yaitu banyaknya nilai data. Setelah diketahui nilai varian, maka nilai Simpangn Baku bisa di ketahui dengan cara meng-akarkan nilai varian (S=  )
®     Dalam penelitian yang kami lakukan, kami mengambil Simpangan Baku (Standart Devration) sebagai cara untuk mengetahui ukuran variasinya.Cara yang mudah di dalam perhitungannya yaitu dengan cara mengkuadratkan masing-masing Simpangan dari nilai datanya yang kemudian dibagi dengan banyaknya data dan diakarkan.
®     Tujuan dari pada penelitian pengambilan Sampel tentang nilai ujian MI MEMBA’UL ULUM yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa - siswi dalam hal pelajaran bahasa inggris, sejauh mana kemampuan mereka mengenal bahasa inggris.



BAB IV
PENYELESAIAN PENELITIAN
            PENELITIAN
Daftar niljian MI MEMBA’UL ULUM yang beralamat di  Tulupari kecamatan tiris kabupaten Probolinggo, antara lain:
No
Nama
Nilai
No
Nama
Nilai
1
M. Rizal
60
41
Aisyah
65
2
Abdul Jalal
70
42
Andik
60
3
Syafi’i
90
43
Husnul
55
4
Siti Maryam
95
44
Alifah
70
5
Ida Kurniawati
70
45
Ali Mansur
75
6
Khotijah
70
46
Firman Hadi
75
7
Lailatul
60
47
Mujib Ali
65
8
Ita
90
48
Rifayati
60
9
Naimatul
65
49
Udin
55
10
Sugianto
80
50
Ajib
95
11
Siti Nurfadillah
70



12
Pipin
70



13
Sandy
60



14
Arsad
75



15
Sindia Dewi
85



16
Nurcahyani
65



17
Akmaluddin
80



18
Ekawati
60



19
Efi
60



20
Syadid
70



21
Suliatiwati
85



22
Munawaroh
60



23
Musdafah
60



24
Asriyati
75



25
Siti zulaiha
70



26
Nurfadillah
60



27
Aini
90



28
Firman
90



29
Syaiful
60



30
Imron
95



31
Samsul
75



32
Hendri
80



33
Sofi
80



34
Hitkon
65



35
Andika
60



36
Mutmainnah
55



37
Amirah
70



38
Mansyur
75



39
Firman
75



40
Mujib
80










Ø  Data yang sudah Terurut

55   55     55      60      60      60      60     60      60      60
60   60     60      60      60      65      65     65      65      65
70   70     70      70      70      70      70     70      70      75
75   75     75      75      75      75      80     80      80     80
80   85     85      90      90      90      90     95      95      95

Ø  Nilai minimum = 55

Nilai maksimum = 95

Range = Nilai minimum – Nilai maksimum
           = 9555
           = 40

Ø  Mencari jumlah kelas

K    = 1 + 3.3 log n
       = 1 + 3.3 log 50
       = 1 + 3.3 (1.7)
       = 1 + 5.61
       = 6.61 7

Ø  Mencari lebar kelas atau interval

C = 40= 5,71 6
Ø  Tabel Distribusi Frekuensi

Nilai
Frekuensi
55-60
15
61-66
5
67-72
9
73-78
7
79-84
5
85-90
6
91-96
3
Total
50
Ø  Mencari Simpangan Baku

Nilai
F
M
m.f
  l  m-   l
(m- ).f
55-60
15
     57,5
862,5
13,44
201,6
61-66
5
63,5
317,5
7,44
37,2
67-72
9
69,5
625,5
1,44
12,96
73-78
7
75,5
528,5
4,56
13,92
79-84
5
81,5
407,5
10,56
52,8
85-90
6
87,5
525
16,56
99,36
91-96
3
93,3
280,5
22,56
67,68
Total
50

3547

503,52

X͞͞͞͞¯ =


Simpangan rata-ratanya:
Rs= 1  



Rs =

BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
1.      Simpangan rata-rata merupakan ukuran variasi yang lebih baik dari pada range. Karena simpangan rata-rata didapatkan/diperhitungkan dari nilai keseluruhan data.
2.      Simpangan rata-rata merupakan ukuran variasi yang didasarkan pada pengukuran simpangan absoulut, yaitumenekankan pada besar/kecilnya simpangan

5.2 Saran
1.      Sebaiknya dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data – data maka digunakanlah rumus statistika.
2.      Dalam pengerjaannya hendaknya langkah – langkah sesuai dengan urutan.
3.      Statistika juga dapat digunakan dalam penerapan ilmu – ilmu lainnya seperti ekonomi, biologi, astronomi dan lain – lain.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar